Wednesday, June 18, 2014

Cara Reset Printer Canon Dengan Software

Printer Canon iP 2770 / iP 2700 atau semua merek printer canon biasanya memerlukan resetter yang gunanya adalah mengembalikan ke pengaturan awal, printer canon memang dibuat seperti itu setiap beberapa penggunaan atau pemakaian dia memerlukan reset yang gunanya adalah untuk menghindari kerusakan pada cartridge printer canon tersebut. Namun bagi kebanyakan orang yang awam, memang hal itu sangat mengganggu tapi kalau Anda sudah mahir sebenarnya cara reset printer canon sangatlah mudah.

Dan biasanya disebabkan dari kebiasaan suntik tinta yang bisa berakibat printer menjadi error, salah satunya adalah error 5200. Error 5200 ini diakibatkan oleh perbedaan inisialisasi cartridge yang terpasang sebelum dilepas dari tempat cartridge printer canon dan setelah dipasang kembali, hal ini membuat printer tidak bisa digunakan untuk mencetak, meski printer saat dihidupkan dalam keadaan normal, namun setelah diberikan perintah mencetak maka printer yang tadinya ready (tombol power menyala normal) tiba - tiba berubah menjadi berkedip bergantian dengan lampu resume yang berwarna orange.
Sehingga ketika Printer Canon iP2770 tidak bisa mencetak kita harus melakukan reset printer untuk menghilangkan error 5200, agar printer bisa digunakan untuk mencetak dengan normal.

Dan langkah pertama yang kita lakukan sebagai berikut:
  1. Printer dalam keadaan mati dan kabel listrik terpasang.
  2. Tekan tombol RESUME 2 detik kemudian tekan tombol POWER sampai lampu hijau nyala (saat menekan tombol POWER,tombol RESUME jgn dilepas dulu
  3. Kemudian lepas tombol RESUME, tapi jangan lepas tombol POWER.
  4. Sambil tombol POWER masih tertekan, tekan tombol RESUME 5 kali. Led akan menyala bergantian orange hijau dengan nyala terakhir hijau. (jangan sampai keliru 4 kali karena printer akan mati total, tapi sifatnya sementara juga) Kemudian ...
  5. Lepaskan kedua tombol bersamaan.
  6. Led akan blink sebentar kemudian akan nyala HIJAU.
  7. Komputer akan mendeteksi device baru, abaikan saja .....
  8. Keadaan ini menunjukkan printer iP2770 dalam keadaan SERVICE MODE dan siap direset.

Setelah langkah pertama Sobat lakukan dengan sempurna maka Langkah yang kedua yang harus Sobat lakukan adalah dengan menggunakan software resetter canon iP 2770 / iP 2700. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Download Software Resetter Canon IP 2770 / IP 2700 DISINI
2. Exctract File Resetter iP2770.
3. Siapkan 2 kertas di printer (ini untuk print pada waktu proses reset).
4. Jalankan program Resetter iP2770
5. Klik "MAIN", maka printer akan berproses, kemudian iP2770 akan print satu halaman dengan tulisan " D=000.0 "

6. Klik " EEPROM Clear ".
7. Kemudian klik " EEPROM ", dan printer akan print hasil Resetter iP2770. Salah satu barisnya tulisannya sbb:  "TPAGE(TTL=00000)"
8. Matikan Printer dengan menekan tombol POWER dan hidupkan kembali.
9. Selesai...
Bagaimana Sobat mudah kan,selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment