Friday, May 19, 2017

Mengatasi Error Port 23 Ketika Telnet ONT Modem ZTE F609

Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.


Baca Juga :

Kelebihan dan Kekurangan
  • Adapun kelebihan jika menggunakan telnet server adalah user interface yang cukup ramah, maksudnya pengguna dapat memberikan perintah dari jarak jauh (remote) jadi seolah-olah penggunanya mengeksekusi perintah pada command line pada komputer.
  • Dimana ada kelebihan selalu ada kekurangan, adapun kekurangan dari Telnet yaitu pengguna NTLM authentication tanpa adanya enkripsi sehingga dapat memudahkan pencurian password yang dilakukan oleh sniffers, jika kita administrator sistem maka disarankan untuk menggunakan SSH pada Linux daripada Telnet Server untuk mengkonfigurasikan sistem kita.
Seperti penjelasan di atas terkadang perintah telnet sering kali gagal terkoneksi,dan itu ada banya faktor yang menyebabkan itu terjadi, salah satunya mungkin konfigurasi telnetnya sudah diaktifkan atau belum, dan masih banyak lagi yang lainya, untuk itu pada artikel kali ini saya ingin membahas cara mengatasi error pada port 23 ketika melakukan telnet, dari pada penasaran mending langsung saja kita praktikan step by stepnya.


Pemecahan Masalah
Jika kita mengalami masalah ketika hendak remote modem melalui telnet dan terjadi error, dan errornya seperti berikut "Could not Open Connection to the host Port 23". 

Kejadian diatas seperti yang saya alami, dan untuk mengatasi kejadian seperti diatas saya ada tips untuk mengatasinya.
  • Kita bisa masuk kedalam modem, dengan password user - user atau yang lain juga. selanjutnya kamu masuk ke bagian Administration dan masuk ke bagian System Management dan klik Reboot, tunggu beberapa saat sampai proses reboot selesai.
  • Apabila langkah di atas masih belum bisa, ketikkan Services pada kolom menu Run, kemudian pilih Services,maka akan muncul jendela baru.
  • Kemudian pilih Credential Manager.
  • Duble Klik Telnet, kemudian pada menu Telnet properties pilih tap General, kemudian pada Startup Type kita bikin Automatic.
  • Pada Service setatus kita pilih Start
  • Klik Apply, OK
  • Klik OK.


Berikut sedikit tips dari saya cara mengatasi Error pada port 23 ketika melakukan telnet ONT Modem ZTE F609, apabila ada yang kurang jelas bisa meninggalkan komentar di bawah postingan atau di link yang sudah kami sediakan. Sekian dari saya selamat mencoba.

7 comments:

  1. gimana cara masuk ke modemnya gan sedangkan saya mau liat user dan passnya yg lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat aja gan tutornya di link berikut: https://budigold.blogspot.co.id/2017/03/solusi-lupa-password-admin-modem-tp.html?m=1

      Di sana ada penjelasan solusi password modem zte f609

      Delete
    2. login ke modemnya aja tidak bisa gan, sudah coba cmd, dsb tetep gak bisa masuk

      Delete
    3. Untuk ip modemnya bisa di akses gk gan?

      Klo bisa, bisa gunain cara lain dengn cara lihat tutor Solusi Lupa Password Admin Zte F609 Indihome

      Delete
  2. Kolom menu run nyarinya dmn ya? kl buka run yg biasa,pas diketik services g muncul apa2.mksh sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ketikkan view local services kalo tdk bisa.

      Delete
  3. itu maksud nya plih credential manager trus double klik telnet gimana ya?

    ReplyDelete