Wednesday, June 14, 2017

Pengertian Backlink

Bagi para pemula seperti saya yang baru mengenal dunia SEO pasti pernah mendengar istilah tentang backlink,apa itu backlink? Nah untuk itu pada artikel saya kali ini akan membahas sedikit banyak mengenai Apa itu backlink? Ini saya peroleh dari apa yang saya pelajari sebelumnya.Backlink, juga dikenal sebagai Incoming Link , inbound link, inlink, dan sitation.



Pengertian Backlink
Backlink adalah sebuah link yang di tanamkan di berbagai website lain dan mengarahkannya ke website kita atau website lain yang sedang di optimasi. Fungsi dan manfaat dari backlink sangat penting untuk meningkatkan tingkatan website sobat pada mesin pencari dan juga bisa meningkatkan popularitas website sobat serta menaikkan pagerank. Backlink juga mempunyai peranan penting untuktiap kampanya SEO yang sukses. Backlink sendiri di bagi menjadi 2 kategori yaitu :



1. One Way Backlink

One way backlink merupakan backlink satu arah, dimana hanya sobat yang menanamkan link ke website-website yang dapat di tanam url website sobar tanpa harus menyertakan backlink kembali ke website tersebut. Salah satu contoh One way backlink yaitu :
  • Blog Comment, sobat dapat menyertakan url website sobat pada setiap blog comment sesuatu dengan anchor text yang akan sobat optimasi.
  • Signature Forum, beberapa forum memiliki signature yang akan terpasang setiap sobat melakukan post, hal ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan backlink 1 arah untuk website sobat.
  • Social Bookmark, Social bookmark merupakan sebuah website dimana sobat dapat men- Submit website sobat ke website tersebut dan menjadikannya “Bookmark”. Biasanya jika ada orang yang mem-bookmark di browser kini sobat juga bisa mem-bookmark di suatu website tertentu.

2. Reciprocal Backlink

Reciprocal Backlink sering di sebut backlink 2 arah. Ini di maksudkan link website atau  blog kita tersimpan di blog atau website seseorang, tetapiapi link website orang tersebut juga tertanam di blog website kita. Dalam hal ini akan terjadi hubungan yang saling menguntungkan, Salah satu contoh yang sobat dapatkan dari Reciprocal backlink yaitu:
  • Direktori Submit, Direktori submit merupakan sebuah website dimana website tersebut mengklasifikasikan berbagai website dalam kategori-kategori tertentu dan meletakan url website yang di submit kedalam kategori tersebut. Namun biasanya banyak direktori website yang mengharuskan adalah reciprocal link, jadi sobat harus memasang banner, link, dan sebagainya pada website sobat.
  • Tukar Link, Nah ini biasanya di lakukan para blogger di berbagai komunitas blogger, mereka kebanyakan memang menawarkan tukar link, yang tak lain tak bukan tujuannya untuk mendapatkan backlink. Untuk tukar link ini sendiri saya tidak merekomendasikan di karenakan ada beberapa kekurangannya dan google juga melarang untuk menggunakan metode tukar link ini, alasan mengapa google melarang melakukan tukar link salah satu contoh: 
  1. Kebanyakan para blogger melakukan tukaran link tanpa melihat Niche. Artinya bertukar link dengan blog yang tidak satu tema atau tidak satu topik. Contohnya: blog A yang memiliki tema Wisata, namun tukaran link dengan blog B yang bertema Blogging.
  2. Banyak blogger yang nenjadikan blog mereka menjadi ladang link atau biasa disebut Link Farm tanpa memperhitungkan kualitas dan hanya mencari link sebanyak-banyaknya.


Kesimpulan
Jadi kesimpulannya, backlink itu penting, untuk meningkatkan page dan alexa rank. Tetapi kita juga harus pandai - pandai memanfaatkanya dan  jangan sembarang dalam membuat backlink. Carilah website yang relevan dan baik di mata search engine berpage, rank tinggi dan memuat artikel yang tidak mengandung sara, pornografi dan perjudian.  Sekian dulu artikel saya kali ini apabila ada yang kurang jelas, dan ada yang ingin di sampaikan mengenai Budi Gold Blog, sobat bisa komen di bawah postingan ini atau di link yang sudah kami sediakan. Terimakasih semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment