Thursday, July 27, 2017

Cara Mudah Memasang Kolom Komentar Disqus di Blog

Saat ini sedang marak-maraknya penggunaan kolom komentar Disqus pada web maupun blog di dunia. Sebenarnya, widget ini telah lama hadir didunia internet, hanya saja dulu sempat mengalami banyak bug sehingga ditinggal pergi oleh penggunanya dan Disqus sendiri cukup populer di kalangan pengguna blog maupun web. Sekarang, dengan tampilan yang eye cathing Disqus kembali. Bukan hanya dicintai oleh pengguna pribadi, kolom komentar Disqus juga digunakan oleh situs-situs mentereng dunia, seperti di situs CNN dan kawan - kawan.

Dan kabar baiknya lagi jika sobat memasang komentar Disqus di Blogger/Blogspot, sobat tidak perlu khawatir kehilangan komentar yang telah di berikan pengunjung blog sobat pada sistem komentar bawaan default Blogger, karena Anda bisa mengimpor-nya ke Disqus.

Fitur - fitur yang terdapat pada sistem komentar Disqus
  • Pengguna dapat mengedit komentar, membagikan komentar ke sosial media seperti Twitter, Facebook, ataupun lainnya, dan juga dapat berlangganan komentar. 
  • Mendapatkan notifikasi ke email setiap ada komentar baru. 
  • Dapat melampirkan file media seperti (gambar, video) dalam komentar. 
  • Komentar Disqus bisa menggunakan <strong></strong>, <b></b>, <em></em>, <i></i>, <u></u>, <strike></strike>, <code></code>, <pre></pre>, <pre><code></code></pre> 
  • Anda dapat melihat aktivitas komentar pada situs anda dalam grafik. 
  • Anda dapat mengatur kustom avatar untuk komentar yang tidak menampilkan avatar. 
  • Diskus memiliki pendeteksi spam yang makin hari semakin baik. 
  • Bisa embed komentar pada postingan blog .
Nah agar tidak berpanjang lebar lagi langsung saja, berikut langkah - langkah dalam instalasi Disqus di blog blogspot.

Langkah-langkah Installasi Komentar Disqus

1. Pertama - tama login terlebih dahulu ke blog kita, kemudian kita kunjungi laman Disqus. Kemudian Signup terlebih dahulu, bisa menggunakan google Plus, Twitter & Facebook. Kemudian jika sudah maka akan di arahkan ke link berikutnya, selanjutnya pilih  I want to install Disqus on my site seperti pada gambar di bawah.

2.Kemudian sobat akan diarahkan lagi ke laman untuk isikan nama blog dan kategori blog sobat, kemudian klik Create site.  
Disana akan muncul tulisan "Welcome to Disqus" beserta penjelasan singkat mengenai Disqus, jika sudah cukup paham kemudian klik "Got it. Let's get started!"

3. Disini sobat akan di suruh memilih platform sesuai situs yang sobat pakai, karena kita menggunakan Blogger maka klik icon logo Blogger.

4. Pada halaman selanjutnya klik Add xxxx to my blogger site ( pada tahap ini sobat diharuskan login ke akun blogger sobat terlebih dahulu, jika sobat belum masuk ke akun blogger sobat silahkan buka tab baru dan login ke blogger kemudian kembali ke tab disqus )
5. Kemudian akan terbuka tab baru, disitu nanti kita akan diarahkan unutk klik Menambahkan  Elemen Laman, kemudian tinggal kita klik Menambahkan Widget, selanjutnya akan di bawa ke Layout (Tata Letak) Blogger. Klik Simpan pada pojong kanan atas.
Jika pada saat menekan Menambahkan Widget terjadi bug kesalahan. Silahkan Anda terlebih dahulu bersihkan cache browser yang Anda pakai, kemudian mengulanginya lagi.
Apabila sampai tahap ini sudah berhasil, tetapi untuk komentar yang lama tidak muncul / keluar, maka kita harus mengimpor terlebih dahulu ini di karenakan tidak secara otomatis dimuat oleh disqus,oleh karena itu perlu dilakukan beberapa pengaturan.


Mengimpor komentar Blogger ke Disqus
1. Kembali ke menu Admin Disqus, di sana kita pilih Tab Community, dan pilih menu Import makan akan muncul tampilan laman seperti gambar di bawah


2. Dan selanjutnya Google meminta izin kepada sobat, kemudian cukup klik "Provide Access" dan pada layar berikutnya pilih blog sobat yang akan di impor komentarnya.

Impor komentar Blogger Sobat ke Disqus bisa memakan waktu hingga 24 jam atau lebih,sambil menunggu sobat bisa mengubah pengaturan lain yang sekiranya menurut sobat gak penting
Sekian dulu sobat Artikel aku kali ini apabila ada yang kurang jelas bisa meninggalkan komentar di bawah postingan ini atau di link yang sudah kami sediakan, dan apabila bermanfaat bisa di share di sosmed.

Baca juga :

No comments:

Post a Comment