Friday, September 22, 2017

Trik Agar Mengetahui Duplikat Data Pada Microsoft Excel

Selamat sore sobat blogger, pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang Ms Office khususnya Ms Excel yaitu cara mengetahui dan menandai duplikat data pada lembar kerja microsoft excel.

Ketika kita menginput data dalam jumlah banyak menggunakan microsft excel, kemudian kita ingin mengecek dan mengetahui apakah data-data tersebut ada yang sama atau duplikat, maka kita bisa menggunakan fasilitas yang disediakan pada excel yaitu menu conditional formating (duplicate value).

Sobat juga bisa baca artikel terkait Ms Office dan lainnya:
Untuk itu mari kita langsung saja praktekkan, lebih jelasnya sobat bisa ikuti step by step berikut ini :
Berikut contoh Tabel yang akan saya pergunakan. Pada kolom Nama dan Nomor ID dibawah  nantinya akan saya pergunakan sebagai contoh untuk mengetahui duplikat atau tidaknya data tersebut.

Langkah pertama yang musti kita lakukan Select kolom Nama dan Nomor Id tersebut kemudian klik menu Home pada group styles kemudian pilih Conditional Formatting, pilih Highlight Cells Rules  Kemudian pilih Duplicate Values seperti pada gambar dibawah :

Apabila langkah - langkah di atas sudah selesai semua, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini, apabila ada data dobel atau duplikat maka secara otomatis kolom yang sudah kita pilih tadi akan berwarna merah.
Cukup mudah bukan?
Sekian dulu artikel saya kali ini bagi sobat budigold yang kurang jelas bisa ditanyakan di kontak komentar atau di contac yang sudah kami sediakan, semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi sobat blogger semua.


No comments:

Post a Comment